Halaman

Kamis, 21 Maret 2013

Komitmen Pada Psikologi

Komitmen Diri Sendiri
Komitmen adalah sebuah janji pada sesuatu hal tentang sesuatu hal. Maksudnya adalah kita memberi sebuah perjanjian dan dengan resiko sesuatu pula, sesuai apa yang kita inginkan. Menurut saya, membuat keputusan untuk berkomitmen bukanlah hal yang mudah, bukan sebuah formalitas dan hanya ucapan yang didengar ataupun sebuah karya “hitam diatas putih”. Komitmen dengan segala yang diungkapkan mungkin bisa jadi suatu bala bagi diri sendiri. Dengan adanya keinginan buntuk berkomitmen, disertai pula dengan kesediaan untuk tidak ingkar terhadapnya. Bala yang saya maksud adalah adanya ketidakmampuan saya sebagai manusia untuk menepati janji pada komitmen yang mungkin akan saya buat. Saya juga tidak bisa berkomitmen pada diri saya sendiri untuk berkomitmen, bukan berarti saya tidak memiliki prinsip, tapi saya punya kelemahan yang membuat saya butuh waktu untuk berkomitmen tentang sesuatu hal, sekecil apapun itu. 

Saya memilih untuk menjadi partikel kecil di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara karena saya punya keinginan, ya dengan kemampuan yang Tuhan berikan pada saya juga tentunya. Mengikuti berbagai kegiatan yang mampu men-encourage saya untuk memiliki lebih dari yang saya punya, juga mengembangkan apa yang sebelumnya Tuhan titipkan pada saya. Pada sebuah momen yang penting untuk fakultas yang saya banggakan ini, yaitu Jalan Santai, saya berhalangan hadir karena sebuah kepentingan yang krusial bagi saya, sebagai gantinya saya diberi kesempatan untuk berkomitmen pada diri saya sendiri tentang apa yang akan saya janjikan untuk diri saya tentang komitmen pada Fakultas Psikologi Sumatera Utara dan membuatnya dalam bentuk tulisan. Saya ingin menjadi mahasiswa yang taat peraturan universitas dan fakultas, ingin mengikuti pelajaran dengan baik dan pada akhirnya mendapat nilai yang baik pula. 

Saya belum berpikir untuk dikenal banyak orang dikampus, tapi saya ingin teman-teman membutuhkan saya kapanpun saya memiliki waktu untuk mereka. Saya juga ingin berhubungan baik dengan semua dosen, mendapat perhatian khusus dalam situasi yang mungkin saja terjadi. Saya juga ingin saat semester untuk skripsi nanti. Semua berjalan baik dan lancar sehingga saya bisa lulus dengan IPK minimal 3.00 tanpa lepas dari bantuan para dosen dan staf pegawai Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara. Sampai saat ini, saya belum berencana untuk menjadi sarjana dari fakultas lain selain psikologi, ya saya merasa beruntung sampai saat ini. Saya juga ingin untuk sungguh-sungguh dan memberikan hati dalam setiap momen saya mengerjakan tugas, apalagi membaca textbook. Mungkin terdengar sulit, tapi ragu saya perlahan hilang saat menulis karya ‘komitmen diri sendiri’ ini. Tak ada yang tak bisa kalau kita mau mencoba, diawal saya menjelaskan bukanlah hal yang mudah untuk berkomitmen, sepanjang saya menulis komitmen ini, saya mulai percaya bahwa manusia lemah seperti saya pun mampu untuk berkomitmen apabila saya mau.

Terkahir, saya berterimakasih untuk segala sesuatu yang  fakultas sudah berikan pada saya sejauh ini saya sangat bersyukur, semoga setelah tulisan kecil ini selesai saya mampu menepati komitmen saya dan tidak takut lagi untuk berkomitmen. Siapapun yang membaca tulisan ini, semoga memberi “kepositifan” dan menerima tulisan ini dengan perasaan yang baik juga. Ada yang lupa, Saya, Claudia Cindry Dorotea. Nomor Induk Mahasiswa: 121301120. Saya bangga jadi mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara angkatan 2012 J.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar